Kamis 6 Maret 2014


Kamis 6 Maret 14

Bacaan I : Ul 30:15-20

15 Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian  dan kecelakaan,

 16 karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.

17 Tetapi jika hatimu berpaling dan engkau tidak mau mendengar, bahkan engkau mau disesatkan untuk sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya,

18 maka aku memberitahukan kepadamu pada hari ini, bahwa pastilah kamu akan binasa;  tidak akan lanjut umurmu di tanah, ke mana engkau pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya.

19 Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu  pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

20 dengan mengasihi  TUHAN, Allahmu , mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu  dan lanjut umurmu  untuk tinggal di tanah  yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka.”

Mazmur 1:1-4, 6

1    Berbahagialah orang  yang tidak berjalan  menurut nasihat orang fasik,  yang tidak berdiri di jalan orang berdosa,  dan yang tidak duduk  dalam kumpulan pencemooh,

2    tetapi yang kesukaannya  ialah Taurat TUHAN ,  dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam .

3   Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air , yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya;  apa saja yang diperbuatnya berhasil.

4   Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam  yang ditiupkan angin.

5    Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;

6    sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

Bacaan Injil : Luk 9:22-25

22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusiaharus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh  dan dibangkitkan pada hari ketiga. ”

23 Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari  dan mengikut Aku.

24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya  karena Aku, ia akan menyelamatkannya.

25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Bacaan Injil hari ini mengenai pemberitahuan pertama mengenai penderitaan Yesus (Pemberitaan Kedua 9:44, Ketiga 18:31), yang masih menjadi satu kesatuan dengan perikop sebelumnya (18-21), tentang siapakah Yesus menurut para murid-Nya-yang dijawab Simon Petrus : Yesus adalah Mesias dari Allah. Sayangnya Yesus Kristus melarang keras para murid memberitakan hal ini. Pelarangan pemberitaan bahwa DIa Mesias, segera dilanjutkan-Nya dengan nubuat pertama tentang sengsara-Nya. Yesus menyebut diri-Nya : Anak Manusia Ungkapan ini dalam Perjanjian Lama berarti: manusia. Tetapi sejak Dan 7:13 ungkapan ini menunjuk pada tokoh penyelamat di zaman yang akan datang. Yesus sering menyebut diri Anak Manusia untuk menyatakan kerendahan-Nya (Mat 8:20), penderitaan-Nya (Mr 8:31), tebusan bagi banyak orang (Mrk 10:45) kebangkitan-Nya (Mat 17:9) dan kedatangan-Nya dalam Kemuliaan dan sebagai Hakim (Mat 25:31). Gelar sebagai Mesias sering disalahpahami sebagai pemimpin yang akan membebaskan Israel dari penjajahan Roma dan akan membangun kembali kerajaan Daud. Gelar Mesias ini pula yang digunakan pemimpin Yahudi untuk mengejek Yesus saat bergantung di salib (23:35). Seharusnya dipahami sebagai pemimpin yang akan membebaskan kita, Israel baru, umat Allah dari penjajahan dosa dan membangun Kerajaan Allah, dengan cara sengsara, wafat di salib dan bangkit.

Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat menuntut penyerahkan diri kita untuk mengikuti Dia dengan menyangkal diri tidak hidup seturut keinginan kita yang mementingkan diri sendiri, harus dibuat setiap hari. menderita dalam perjuangan seumur hidup melawan dosa, menderita karena penganiayaan yang datang dari perlawanan kita terhadap para guru palsu yang memutarbalikkan Injil yang benar, menderita karena menanggung kebencian dan ejekan dari dunia ketika bersaksi dengan kasih bahwa sebuah perbuatan adalah jahat, menderita karena melawan arus demi memberi contoh yang benar.

Dalam Bacaan I Allah memerintahkan Israel melalui Musa untuk taat kepada-Nya, Tipe manusia ada dua : 1. Orang saleh, yang berciri kebenaran, kasih, ketaatan kepada firman Allah dan 2. Orang fasik, yang tidak tinggal dalam firman Allah, dan karena demikian tidak ada bagian dalam perkumpulan umat Allah. Orang benar dikenal dan diberkati Allah, tetapi orang fasik tidak memperoleh bagian dalam kerajaan Allah sehingga akan binasa

Orang yang diberkati Allah bukan hanya berbalik dari kejahatan, tetapi juga membangun hidup mereka di sekitar firman Tuhan. Mereka berusaha untuk menaati kehendak Allah dari hati yang sungguh-sungguh senang akan jalan dan perintah Allah

Mereka yang berusaha untuk hidup dengan berkat Allah merenungkan Taurat Allah (yaitu, Firman-Nya) supaya membentuk pikiran, sikap, dan tindakan mereka. Mereka membaca kata-kata Alkitab, merenungkannya dan membandingkannya dengan ayat lain.

Doa : Ya Bapa, sadarkanlah kami jika apa yang kami lakukan tanpa sadar tidak sesuai dengan Perintah Mu. Berilah kami kekuatan agar kami tetap dapat bertahan pada ketetapan-ketetapan-Mu sehingga kami layak beroleh hidup kekal di surga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s