Selasa 22 April 2014


Selasa 22 April 2014

Bacaan I : Kis 2:36-41

Mazmur : Mzm 33 : 4-5, 18-20, 22

Bacaan Injil : Yoh 20:11–18

Bacaan I : Kis 2:36-41

36        Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus.”

37        Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?”

38        Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

39        Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.”

40        Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: “Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini.”

41        Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

 Mazmur : Mzm 33 : 4-5, 18-20, 22

4          Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.

5          Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia TUHAN.

18        Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,

19        untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

20        Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita!

22        Kasih setia-Mu, ya TUHAN, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

 

Bacaan Injil : Yoh 20:11–18

11        Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu,

12        dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.

13        Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis?” Jawab Maria kepada mereka: “Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan.”

14        Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.

15        Kata Yesus kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?” Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: “Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.”

16        Kata Yesus kepadanya: “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: “Rabuni!”, artinya Guru.

17        Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

18        Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

Bacaan pertama, Petrus menyerukan para pendengarnya untuk bertobat dan dibaptis dalam nama Yesus. Hanya dengan bertobat dan dibaptis mereka akan selamat dan beroleh karunia Roh Kudus. Para pendengarnya yang jumlahnya sangat banyak, apalagi untuk ukuran kumpulan masa saat itu, bertobat dan memberi diri mereka dibaptis. Dalam mazmur dikatakan Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya, maksudnya ialah Tuhana sungguh menolong mereka yang mau setia kepadaNya. Tuhan Maha Kasih tampak dalam pengampunanNya dan Tuhan juga selalu mengambil inisiatif agar manusia bertobat, sikap merasa berdosa dan mau bertobat adalah tepat. Ada sukacita di sorga ketika seorag bertobat, demikian pula mereka yang bertobat akan mengalami sukacita luarbiasa. Maria Magdalena adalah contoh dari wanita yang setelah bertobat mengalami suka cita kemudian melayani Yesus Kristus yang setia. ia sungguh bersyukur dosanya yang banyak itu telah diampuni karenanya ia sangat mengasihi Yesus Kristus gurunya. Ia mengikuti jalan salib Yesus sampai Yesus wafat di salib. ia yang pertama ke kubur Yesus pada hari itu. Yesus ketika bangkit berjumpa dengannya dan mengutusNya memberi pesan kepada para murid lain. Yesus yang bangkit tahu isi hati Maria Magdalena, karenanya Ia mempercayakan pesan untuk disampaikan kepada para murid lainnya. Maria Magdalena awalnya tidak mengenali Yesus yang telah bangkit itu, namun ketika Yesus menyapanya dengan namanya, iapun mengenali Yesus. awalnya Maria  Magdalena tidak mengenali Yesus karena dia sungguh berduka kehilangan yang ia kasihi. Tuhan selalu menyapa kita, namun kita juga sering tidak mengenaliNya karena berbagai masalah dalam hidup kita, karena kesibukan kita. ketika mengenaliNya Maria Magdalena bersukacita dan menyampaikan pesan yang dititipkan kepadanya kepada para murid. Kitapun yang sudah bertobat, sudah mengucapkan pembaharuan Janji baptis hari Sabtu Suci hendaknya bersukacita juga dan melayani sesame tanpa padang bulu sebagai wujud syukur telah diampuni. Pelayanan akan bermakna bagi diri sendiri, orang lain dan Tuhan jika bukan untuk pencitraan-seperti Yudas Iskariot sang pengkhianat atau target posisi di paroki atau dimanapun kita berkarya. biarlah Tuhan sendiri yang menilai pelayanan kita masing-masing, Tuhan tahu isi hati dan pikiran kita masing-masing dan memberi reward and punishment berdasar perbuatan kita tersebut. tetaplah berkarya di jalan Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s