Kamis 1 Mei 2014


Pekan Paskah II

Kamis 1 Mei 2014

Bacaan I Kis 5:27-33

Mazmur          : Mzm 34:2, 9, 17-20

Bacaan Injil : Yohanes 3:31-36

Bacaan I Kis 5:27-33

27   Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka,

28    katanya: “Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami.”

29    Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: “Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

30   Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh.

31  Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.

32   Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia.”

33  Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu.

 Mazmur          : Mzm 34:2, 9, 17-20

2  Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.

9 Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!

17  Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.

18  TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

19 Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;

20    Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.

Bacaan Injil : Yohanes 3:31-36

31     Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.

32     Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.

33  Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar.

34   Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

35  Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.

36   Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

 Dalam bacaan Injil dikatakan siapa yang berasal dari sorga di atas semuanya, yang dimaksud berasal dari sorga adalah Tuhan Yesus, yang diatas semuanya dan sudah ada sebelum semua ciptaan, sudah ada sebelum alam semesta dicipta. Tuhan Yesus juga mengatakan kita, muridNya bukan berasal dari dunia, karena Tuhan Yesus sendiri yang telah memilih kita. Perlu diketahui bahwa dalam hal ini ada dikotomi diatas mewakili semua yang baik dan dibawah, dalam hal ini dunia seisinya mewakili hal-hal yang melulu jahat. Bagaimanapun juga Tuhan Yesus telah diutus untuk menyelamatkan dunia. Kita yag dipilih menjadi muridNya juga diutus menyelamatkan dunia, dengan membawa semakin banyak orang percaya kepada Tuhan Yesus yang bangkit. Paling tidak, iman kita kepadaNya, tampak dalam kehidupan kita sehari-hari, jujur dan member diri sebagai contoh teladan baik bagi orang sekitar. Seseorang yang percaya akan menyerahkan seluruh kehidupannya demi apa yang ia percayai- pejah gesang nderek Gusti Yesus (hidup mati ikut Tuhan Yesus) – demikian kata orang jawa. Seorang anak menyerahkan seluruh hidupnya dalam asuhan orangtua sampai ia dewasa dan mandiri-tentu diandaikan keluarga ideal. Rakyat mempercayakan hidup sepenuhnya kepada para penyelenggara negara. Anak yang percaya akan serius menjalani hidupnya. Rakyat yang percaya akan serius bekerja demi kehidupannya, ia akan berontak jika penyelenggara negara menyengsarakannya. Hanya Tuhan Yesus yang pantas dipercaya, karena segala perkataanNya sesuai dengan tindakanNya. Ia menyerahkan nyawa bagi penebusan dosa semua manusia. Tuhan Yesus juga telah dinubuatkan para nabi kudus jauh sebelumnya, bahkan juga kepada Abraham : melalui keturunanmulah segala bangsa akan mendapat berkat. Percaya kepada Tuhan Yesus akan beroleh hidup kekal. Bacaan pertama, kedua rasul ditangkap lagi dan dihadapkan ke Mahkamah Agama. Petrus dan Yohanes ditegur karena larangan untuk menyebarkan Injil tidak mereka gubris. Petrus bukannya takut, malahan dengan tegas menjawab mereka harus lebih mentaati perintah Allah daripada perintah manusia, karena Allah nenek moyang mereka telah membangktkan Tuhan Yesus yang merek bunuh disalib. Tuhan Yesus telah ditinggikan oleh Allah sendiri, menjadi pemimpin dan Juruselamat. Mereka disertaiRoh Kudus, adalah saksi dari segala peristiwa itu. Roh Kudus dikaruniakan Allah kepada semua orang yang taat kepadaNya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s