Jumat 23 Mei 2013


Pekan Paskah V

Jumat 23 Mei 2014

Bacaan I : Kis. 15:22-31

Mazmur : Mzm. 57:8-9,10-12

Bacaan Injil : Yoh. 15:12-17

 

Bacaan I : Kis. 15:22-31

1     Maka rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk memilih dari antara mereka beberapa orang yang akan diutus ke Antiokhia bersama-sama dengan Paulus dan Barnabas, yaitu Yudas yang disebut Barsabas dan Silas. Keduanya adalah orang terpandang di antara saudara-saudara itu.

2       Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: “Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari saudara-saudaramu kepada saudara-saudara di Antiokhia, Siria dan Kilikia yang berasal dari bangsa-bangsa lain.

3    Kami telah mendengar, bahwa ada beberapa orang di antara kami, yang tiada mendapat pesan dari kami, telah menggelisahkan dan menggoyangkan hatimu dengan ajaran mereka.

4      Sebab itu dengan bulat hati kami telah memutuskan untuk memilih dan mengutus beberapa orang kepada kamu bersama-sama dengan Barnabas dan Paulus yang kami kasihi,

5       yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya karena nama Tuhan kita Yesus Kristus.

6      Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.

7      Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:

8 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat.”

9 Setelah berpamitan, Yudas dan Silas berangkat ke Antiokhia. Di situ mereka memanggil seluruh jemaat berkumpul, lalu menyerahkan surat itu kepada mereka.

10 Setelah membaca surat itu, jemaat bersukacita karena isinya yang menghiburkan.

Mazmur : Mzm. 57:8-9,10-12

8     Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah, hai gambus dan kecapi, aku mau membangunkan fajar!

9   Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya Tuhan, aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa;

10 sebab kasih setia-Mu besar sampai ke langit, dan kebenaran-Mu sampai ke awan-awan.

11  Tinggikanlah diri-Mu mengatasi langit, ya Allah! Biarlah kemuliaan-Mu mengatasi seluruh bumi!

 Bacaan Injil : Yoh. 15:12-17

12  Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

13  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

17  Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

 

Bacaan pertama para rasul dan penatua dan seluruh jemaat bersepakat mengutus Yudas Barsabas dan Silas menyertai Paulus dan Barnabas. Yudas Barsabas dan Silas orang terpandang diantara mereka. Mereka diutus ke Antiokhia siria dan kilikia. Diutus untuk meneguhkan iman mereka, karena ada ajaran berbeda. Dikatakan bahwa jemaat Antiokhia, Siria dan Kilikia berasal dari bangsa-bangsa lain, mereka bukan orang Yahudi yang telah percaya Tuhan Yesus. Berdasarkan keputusan sidang Yerusalem, mereka yang bukan Yahudi juga boleh menjadi pengikut Tuhan Yesus tanpa perlu syarat mejadi Yahudi dengan sunat dan hokum Taurat, dan dari Yakobus member syarat supaya pengikut Kristus yang bukan Yahudi tidak menjadi batu sandungan bagi Yahudi Kristen : harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Keputusan ini belum tersosialisasi dengan baik, maka menjadi tugas utusan untuk sosialisasi ini. Keputusan siding Yerusalem ini melegaan jemaat di Kilikia, Antiokhia dan Siria. mereka sukacita mendengarkan. Demikian pula kita seharusnya bersuka cita karena telah boleh menjadi pengikut Tuhan Yesus dan menjadi selamat. dalam Injil Tuhan Yesus member perintah untuk saling mengasihi, karena telah lebih dahulu dikasihi Tuhan Yesus. Ia telah memberikan nyawanya bagi kita, Ialah sahabat sejati, Ialah kakak sulung kita. Ia yang memungkinkan kita memanggil Allah dengan sebutan Bapa, relasi yang begitu dekat. Allah tidak lagi jauh, tetapi begitu dekat, hanya sejauh doa. Ia merendahkan diriNya untuk menjadi saudara kita, menjadi sama seperti kita dan tidak menganggap kesetaraan dengan Allah suatu yang harus Ia pertahankan. Seorang sahabat akan melakukan apa keinginan sahabatnya, karena ia tahu perbuatan sahabatnya, tetapi seorang hamba tidak tahu apa yang diperbuat tuannya, lagipula untuk apa seorang tuan terbuka dalam segala hal kepada hambanya? Dan apakah hambanya akan mengerti? Tuhan Yesus yang menjadikan kita sahabat dan bukan sebaliknya. Kita dipilih supaya berbuah dan buah itu tetap dan supaya apa yang kita minta kepada Allah Bapa dalam perantaraan Tuhan Yesus akan diberikan oleh Bapa. Tuhan Yesus sebagai perantara antara kita dan Allah Bapa apa perlunya? Kita bisa membayangkannya seperti berikut : seorang anak, biasanya, lebih dekat kepada salah seorang orang tuanya, ketika ia ingin sesuatu, ia minta kepada yang ia percaya dan dekat, yang ia percaya dan dekat akan meneruskan permintaan tersebut untuk dikabulkan. Demikian juga kakak, biasanya menjadi perantara adik kepada orangtua, karena dianggap lebih dekat ke orangtua. Dalam dunia kerja, karyawan akan mengatakan kepada atasannya langsung untuk kemudian keinginannya sampai pada atasan teratas. Namun ini bukan seperti birokrasi kaku, apalagi Tuhan Yesus adalah Allah Putra, sehakikat dengan Allah Bapa.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s