Sabtu Suci


Pekan Suci

Sabtu Suci 19 April 2014

Kej 1:1-2:2

1    Pada mulanya  Allah menciptakan langit  dan bumi.

2   Bumi belum berbentuk  dan kosong ;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah  melayang-layang  di atas permukaan air.

3     Berfirmanlah  Allah: “Jadilah terang .” Lalu terang  itu jadi.

4    Allah melihat bahwa terang itu baik,  lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

5 Dan Allah menamai  terang itu siang, dan gelap itu malam.Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari pertama .

6   Berfirmanlah  Allah: “Jadilah cakrawala  di tengah segala air  untuk memisahkan air dari air.”

7  Maka Allah menjadikan cakrawala  dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya.  Dan jadilah demikian.

8   Lalu Allah menamai  cakrawala itu langit.  Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari kedua.

9  Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat,  sehingga kelihatan yang kering. ” Dan jadilah demikian.

10  Lalu Allah menamai  yang kering itu darat, dan kumpulan air  itu dinamai-Nya laut.  Allah melihat bahwa semuanya itu baik .

11 Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda,  tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis  pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah  demikian.

12   Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis  tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

13     Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari ketiga.

14    Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang  pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam.  Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda  yang menunjukkan  masa-masa  yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,

15  dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.

16   Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar  untuk menguasai  siang dan yang lebih kecil untuk menguasai  malam,  dan menjadikan juga bintang-bintang.

17  Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,

18 dan untuk menguasai siang dan malam,dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

19    Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari keempat.

20  Berfirmanlah Allah: “Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk  yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala. 

21   Maka Allah menciptakan  binatang-binatang laut  yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan  dalam air, dan segala jenis  burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

22 Lalu Allah memberkati semuanya  itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi  bertambah banyak.”

23    Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari kelima.

24   Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis  makhluk  yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah  demikian.

25    Allah menjadikan segala jenis binatang liar  dan segala jenis ternak dan segala jenis  binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

26    Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita  menjadikan manusia  menurut gambar  dan rupa Kita, supaya mereka berkuasaatas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara  dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

27 Maka Allah menciptakan  manusia  itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah  diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan  diciptakan-Nya mereka.

28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:  “Beranakcuculah dan bertambah  banyak ; penuhilah bumi  dan taklukkanlah itu, berkuasalah atasikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. 

29   Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

30  Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa,  Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya. ” Dan jadilah demikian.

31  Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya  itu, sungguh amat baik.  Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari keenam.

2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. 

2:2  Ketika Allah pada hari ketujuh  telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan  yang telah dibuat-Nya itu.

Mzm. 104:1-2a,5-6,10,12,13-14,24,35c

1  Pujilah TUHAN, hai jiwaku!  TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar ! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak, 

2     yang berselimutkan  terang 

5  yang telah mendasarkan bumi  di atas tumpuannya,  sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya.

6   Dengan samudera  raya Engkau telah menyelubunginya;  air telah naik  melampaui gunung-gunung.

10  Engkau yang melepas mata-mata air  ke dalam lembah-lembah, mengalir di antara gunung-gunung,

12  di dekatnya diam burung-burung di udara,  bersiul dari antara daun-daunan. 

13 Engkau yang memberi minum gunung-gunung  dari kamar-kamar  loteng-Mu, bumi kenyang dari buah pekerjaan-Mu. 

14 Engkau yang menumbuhkan  rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan  dari dalam tanah

24 Betapa banyak perbuatan-Mu,  ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan  dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu. 

35   Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Haleluya !

Kej 22:1-18

1  Setelah semuanya itu Allah mencoba  Abraham . Ia berfirman kepadanya: “Abraham,” lalu sahutnya: “Ya, Tuhan. 

2 Firman-Nya: “Ambillah anakmu  yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria  dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran  pada salah satu gunung yang akan Kukatakan  kepadamu.”

3 Keesokan harinya pagi-pagij  bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.

4  Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.

5  Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: “Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu. 

6   Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak,  anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau.  Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

7  Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: “Bapa.” Sahut Abraham: “Ya, anakku.” Bertanyalah ia: “Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba  untuk korban bakaran itu?”

8   Sahut Abraham: “Allah yang akan menyediakan  anak domba  untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.” Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

9  Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan  Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah  di situ, disusunnyalah kayu,  diikatnya Ishak , anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah  itu, di atas kayu api.

10  Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya , lalu mengambil pisau  untuk menyembelih anaknya. 

11  Tetapi berserulah Malaikat TUHAN  dari langit  kepadanya: “Abraham, Abraham. ” Sahutnya: “Ya, Tuhan. 

12  Lalu Ia berfirman: “Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah ,  dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu  yang tunggal kepada-Ku.”

13   Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya  tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya. 

14 Dan Abraham menamai  tempat itu: “TUHAN  menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan. 

15  Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN  dari langit  kepada Abraham,

16 kata-Nya: “Aku bersumpah demi diri-Ku  sendiri–demikianlah firman TUHAN–:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu  yang tunggal kepada-Ku,

17   maka Aku akan memberkati engkau  berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu  sangat banyak seperti bintang di langit  dan seperti pasir di tepi laut,  dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. 

18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,  karena engkau mendengarkan  firman-Ku .

Mzm. 16:5,8,9-10,11

5  Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku  dan pialaku ,  Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian  yang diundikan kepadaku.

8  Aku senantiasa memandang kepada TUHAN ; karena Ia berdiri di sebelah kananku,  aku tidak goyah. 

9   Sebab itu hatiku bersukacita  dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; 

10  sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati ,  dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu  melihat kebinasaan. 

11  Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan;  di hadapan-Mu  ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu  ada nikmat  senantiasa.

Kel 14:15-15:1

15   Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat.

16 Dan engkau, angkatlah tongkatmu  dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya,  sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering.

17  Tetapi sungguh Aku akan mengeraskan hati  orang Mesir, sehingga mereka menyusul  orang Israel, dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya, keretanya dan orangnya yang berkuda, Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku.

18 Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN,  apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Ku terhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda.”

19 Kemudian bergeraklah Malaikat Allah,  yang tadinya berjalan di depan tentara Israel, lalu berjalan di belakang mereka; dan tiang awan  itu bergerak dari depan mereka, lalu berdiri di belakang  mereka.

20   Demikianlah tiang itu berdiri di antara tentara orang Mesir dan tentara orang Israel; dan oleh karena awan itu menimbulkan kegelapan,  maka malam itu lewat, sehingga yang satu tidak dapat mendekati yang lain, semalam-malaman itu.

21 Lalu Musa mengulurkan tangannya  ke atas laut,  dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur  yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering;  maka terbelahlah  air itu.

22  Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut  di tempat kering ;  sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok  bagi mereka.

23  Orang Mesir mengejar dan menyusul mereka–segala kuda Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda –sampai ke tengah-tengah laut.

24  Dan pada waktu jaga pagi, TUHAN yang di dalam tiang api dan awan  itu memandang kepada tentara orang Mesir, lalu dikacaukan-Nya  tentara orang Mesir itu.

25 Ia membuat roda keretanya berjalan miring dan maju dengan berat, sehingga orang Mesir berkata: “Marilah kita lari meninggalkan orang Israel, sebab Tuhanlah yang berperang  untuk mereka melawan Mesir. 

26  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Ulurkanlah tanganmu ke atas laut, supaya air berbalik meliputi orang Mesir, meliputi kereta mereka dan orang mereka yang berkuda.”

27  Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, maka menjelang pagi berbaliklah air laut ke tempatnya,  sedang orang Mesir lari menuju air itu; demikianlah TUHAN mencampakkan orang Mesir ke tengah-tengah laut. 

28     Berbaliklah segala air itu , lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut;  seorangpun tidak ada yang tinggal  dari mereka.

29   Tetapi orang Israel berjalan di tempat kering  dari tengah-tengah laut, sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok  bagi mereka.

30   Demikianlah pada hari itu TUHAN menyelamatkan  orang Israel dari tangan orang Mesir. Dan orang Israel melihat orang Mesir mati terhantar di pantai laut.

31  Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan  yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah  bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya  kepada TUHAN  dan kepada Musa, hamba-Nya itu.

15:1 Pada waktu itu Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian  ini  bagi TUHAN yang berbunyi: “Baiklah aku menyanyi  bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur, kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.

Rom 6:3-11

3       Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

4       Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

5       Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

6       Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

7       Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.

8       Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia.

9       Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia.

10       Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.

11       Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.

Mzm 118:1-2, 16-17, 22-23

1                 Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

2                 Biarlah Israel berkata: “Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!”

16        tangan kanan TUHAN berkuasa meninggikan, tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan!”

17        Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan TUHAN.

22        Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru.

23        Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

Mat 28:1-10

1          Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

2          Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.

3          Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.

4          Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.

5          Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.

6          Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

7          Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”

8          Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.

9          Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.

10        Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

Leave a comment