Jumat 16 Mei 2014


Pekan Paskah IV

Jumat 16 Mei 2014

Bacaan I : Kis. 13:26-33

Mazmur : Mzm. 2:6-7,8-9,10-11

Bacaan Injil : Yoh. 14:1-6

 

Bacaan I : Kis. 13:26-33

  26        Hai saudara-saudaraku, baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada kita

27    Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Dia, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat.

 28  Dan meskipun mereka tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati itu, namun mereka telah meminta kepada Pilatus supaya Ia dibunuh.

 29    Dan setelah mereka menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkan-Nya di dalam kubur.

30   Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati.

31   Dan selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem. Mereka itulah yang sekarang menjadi saksi-Nya bagi umat ini.

32  Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita,

 33  telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.

 Mazmur : Mzm. 2:6-7,8-9,10-11

6  “Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!”

7  Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

8   Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.

9 Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk.”

10 Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia!

11     Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,

 

Bacaan Injil : Yoh. 14:1-6

1  “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

2  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

3    Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

4    Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

5    Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”

6  Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 

 Bacaan pertama Paulus melanjutkan kisah tentang Tuhan Yesus. Jika sebelumnya ia menceritakan kembali isi kitab suci tentang sejarah Israel sampai dengan Tuhan Yesus yang dibaptis Yohanes pembaptis sebelum Ia mulai karyaNya dan kesaksian Yohanes sendiri tentangNya, dalam perikopa ini Paulus mewartakan kabar gembira tentang Tuhan Yesus Juruselamat dunia. Para pemimpin tidak percaya dan menjatuhkan hukuman mati atas Tuhan Yesus, meskipun Pilatus tidak mendapati kesalahan apapun atas Dia. Ia kemudian mati disalib. Kematian disalib adalah sebuah skandal karena bagi mereka yang dianggap menghujat Allah, hukumannya adalah mati dirajam, hukuman salib adalah bagi para pemberontak, sedangkan Tuhan Yesus bukan pemimpin pemberontakan. Semua ini terjadi agar nubuat para nabi terdahulu tergenapi. Tuhan Yesus lalu dikubur tetapi dibangkitkan Allah pada hari ketiga. Ia juga beberapa kali selama beberapa waktu menampakkan diri kepada mereka yang mengikutiNya selama hidupNya dalam perjalanan mewartakan kabar gembira dari Allah BapaNya dari Galilea ke Yerusalem. Mereka ini adalah para saksiNya. Ia juga menampakkan diri kepada Paulus di jalan dekat kota Damsyik. Paulus adalah orang terakhir yang beroleh penampakan Tuhan Yesus yang bangkit. Dengan demikian, semua janji Allah kepada nenek moyang mereka tentang Juruselamat yang mati dan bangkit telah digenapi. Ini bukan kabar biasa, tetapi merupakan kabar gembira, Allah telah menepati janjiNya untuk menyelamatkan manusia dengan mengutus PutraNya sebagai tebusan bagi dosa seluruh umat manusia. bacaan Injil Tuhan Yesus menjanjikan tempat bagi kita di rumah BapaNya. Dengan bersama Kristus kita bersama Dia dan bersama Bapa. Tempat di sini yang dimaksud adalah suatu keadaan yang berbeda, keadaan yang tidak dapat binasa, kehidupan kekal. Katolik percaya bahwa seperti Tuhan Yesus bangkit lengkap dengan tubuhNya-walaupun tidak mudah dikenali karena tubuhNya mulia-tubuh yang tidak dapat binasa. Kehidupan setelah kematian bukan hanya roh saja, tetapi juga tubuh yang diubah kemuliaanNya pikiran manusia belum bisa mengungkapkanNya, hanya Allah yang tahu seperti apa. Karena itu benarlah kata-kata Tuhan Yesus : “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”. Dia mengetahui semuaNya dan memberitahukan kepada kita muridNya, meskipun kita tidak sepenuhnya mengerti. Sebuah jalan yang tidak buntu atau putus akan bisa dilalui sampai tujuan dengan selamat. sebuah jalan akan bisa dilalui dengan selamat jika ada rambu-rambu dan kita menaati nya. Itulah Tuhan Yesus, jalan menuju kehidupan kekal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s